BMKG: Gempa Terkini

Jumat, 04 Juni 2010

Instalasi Oscar Clustering di Ubuntu

Cluster computing dan Grid computing mungkin masih tergolong sesuatu yang baru bagi sebagian orang. Mungkin akan saya coba bahas sedikit perbedaan antara cluster dan grid computing. Cluster merupakan kumpulan dari beberapa computer otonom yang dihubungkan menjadi satu buah middleware (baik itu berbentuk hardware atau software) sehingga kelihatan menjadi sebuah system yang utuh. Jadi bahasa gaulnya apabila kita memakai clustering pada beberapa computer, maka beberapa computer yang kita lakukan clustering itu hanya terlihat jadi satu system di jaringan. Sedangkan grid computing adalah kumpulan-kumpulan proses yang dibagi menjadi ke beberapa computer yang sedang idle. Begitu lah sedikit gambaran secara umum apa itu cluster computing dan grid computing.

Pada artikel kali ini, saya akan coba sedikit membahas tentang proses clustering computing. Pada kali ini saya menggunakan tekhnik Oscar clustering V.6.0. apabila teman-teman membutuhkan software untuk melakukan Oscar clustering dapat mendownload pada website resmi Oscar clustering. http://www.openclustergroup.org/. sebelumnya mungkin teman-teman masih ragu, spesifikasi yang dibutuhin untuk instalasi Oscar clustering apa she? Mungkin kesempatan kali ini akan saya coba jelaskan tentang spesifikasi minimum untuk instalasi Oscar clustering. Spesifikasi requirement nya antara lain :

• CPU i586 atau lebih dari
• Sebuah Ethernet Card yang mendukung TCP / IP stack
• Apabila computer server yang anda install ingin dijadikan sebagai router, maka anda harus memiliki minimal 2 ethernet card.
• Setidaknya dibutuhkan 4 GB free hardisk dan 2 Gb untuk direktori di /var

Untuk prosedur penginstalan Oscar clustering berbeda-beda antara satu varian linux dengan varian linux lainnya. Pada kali ini saya akan menginstalkan Oscar clustering pada ubuntu berdasarkan system x86 (prosesor intel). Langkah pertama yang dijalankan adalah mengatur repository file linux. Untuk repository linuxnya, tambahkan link berikut ini pada file /etc/apt/source.list di system ada. http://bison.csm.ornl.gov/repos/debian-4-i386/etch/. Setelah itu, Langkah Kedua yang kita lakukan adalah menjalankan perintah aptitude update sebagai root. Setelah menjalankan step diatas, Langkah Ketiga yang kita lakukan adalah menginstalasi paket Oscar dengan perintah apt-get install oscar. Langkah Keempat yang kita lakukan adalah melakukan cek pada file /etc/oscar/oscar.conf apakah sudah ada dan terinstalasi dengan benar. Setelah file yang dibutuhkan sudah ada dan terinstalasi dengan benar, Langkah Kelima yang kita lakukan adalah menjalankan command Oscar-config –distro setup - -. Untuk contoh command instalasi pada debian/ubuntu, dapat mengetikkan command berikut ini “oscar-config - setup-distro debian-4-x86_64”.

Note : pastikan system ubuntu anda sudah terus up-to-date dengan mengetikkan command apt-get update ataupun dapat mengetikkan command yum update atau yum install Oscar

Konfigurasi Jaringan Ethernet Card..

Langkah Pertama
Kita harus memisahkan beberapa line command yang berada di file / etc / hosts:. Lain yang akan diubah itu antara lain line yang bertuliskan “127.0.0.1 localhost localhost yourhostname.yourdomain yourhostname” harus diubah sehingga menjadi
127.0.0.1 localhost localhost
192.168.0.1 yourhostname.yourdomain yourhostname

Langkah Kedua
Setelah mengatur konfigurasi pada name server kita (dengan catatan server yang kita install harus terlebih dahulu terinstall domain server nya), langkah selanjutnya adalah dengan mengatur konfigurasi ethernet card yang kita gunakan, mana yang digunakan untuk jaringan luar/jaringan public.

NEXT CHAPTER

Setelah selesai menginstalasi command yang diatas, langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah dengan mengetikkan command
oscar-config --bootstrap
system-sanity
oscar-wizard install

setelah menjalankan command diatas, maka Oscar telah terinstal dan tampilan GUI Oscar itu sendiri adalah seperti tampilan di bawah ini



























Mungkin inilah sedikit artikel simple tentang prosedur instalasi Oscar clustering hingga dapat digunakan pada computer kita. Pada kesempatan berikutnya, saya akan membahas tentang managemen clustering system pada Oscar clustering ubuntu..
See you next article…
Bye..

1 Comment:

  1. shandi said...
    Copas wae didinya.... diajar sorangan.... wkwkw

Post a Comment